Sabtu, 16 Februari 2019

KISI kISI SMA BAHASA INDONESIA UNBK 2017 2018



Pilihlah Jawaban yang benar!

   Soal Uji Kemampuan Diri


Mata Pelajaran  : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu   : 120 Menit
Jumlah  Soal      :  50 Butir
 










1.
Perhatikan paragraph berikut!
       Poco-poco merupakan salah satu kesenian daerah manado, Sulawesi Utara. Gerakan tari POco-poco diiringi dengan lagu berbahasa Manado. Gerakan tari Poco-poco memiliki rentak yang lincah. Kaki penari bergerak dinamis, baik kearah depan, samping, maupun belakang.
                       10 Oktober 2017
Kata  rentak  pada  paragraph tersebut  bermakna
. . . .


















Tanah ini ternyata bisa memberikan hasil melimpah.
Hasil melimpah tersebut dapat diperoleh ketika
pemilik melakukan perawatan secara intensif
sehingga hasil yang didapatkannya akan semakin
banyak. Bercocok tanam dengan cara hidroponik ini
memiliki banyak manfaat, seperti ramah lingkungan;
hama dan penyakit tanaman dapat dikurangi; hemat
air dan pupuk; mengurangi karbon dioksida; tidak
merusak tanah; pertumbuhan tanaman lebih cepat;
kualitas tanaman terjaga; dapat ditanam dimana
saja dan kapan saja; serta hemat lahan,waktu,d an
tenaga. Tanaman yang biasanya ditanam secara
hidroponik adalah tanaman hortikultura berupa
sayur-sayuran dan buah-buahan.
Disadur dari:   Http://www.pertanianku.com/tips-jitu-memulai-
                          budidaya-hidroponik/, 10 Oktober 2017
Gagasan utama paragraf tersebu adalah . . . .

A.
gerakan kepala

B.
gerakan badan


C.
gerakan tangan


D.
gerakan pinggul


E.
gerakan kaki
2.
Perhatikan paragraph berikut!
       1 ) Harga minyak dunia mendekati level 50 dolar AS per barel. 2  ) Minyak masih berupaya bangkit didukung ekspektasi penurunan produksi di Amerika Serikat. 3 ) mengutip Bloomberg, Minyak WTI untuk pengiriman Oktober di Nymex diperdagangkan di level 49,48 dolar AS per barel pukul 07.36 WIB. 4 ) meskipun melemah tipis dari penutupan pekan lalu, harga komoditas energi ini masih cukup stabil. 5 ) Ada ekspektasi pasokan minyak dunia, terutama dari AS akan berkurang.
Disadur dari:  Http://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/18/084000
                         426/harga-minyak-coba-tembus-50-dollar-as-per-barel,            
                     10 Oktober 2017
Kalimat fakta dalam paragraph tersebut terdapat pada kalimat yang berangka . . . .
A.

B.

C.

D.

E.
Penanaman tanaman hortikultura pada lahan sempit
Manfaat menanam tumbuhan buah dan sayur di rumah
Alternative berkebun dilahan sempit dengan hidroponik
Bercocok tanam dengan tanah di pekarangan rumah
Hidroponik tidak merusak tanah dan ramah lingkungan
4.
Bacalah paragraph berikut!
       1) vitamin B12 merupakan vitamin penting yang dapat larut dalam air dan umumnya ditemukan dalam berbagai makanan seperti ikan, kerang, daging, telur, dan produk susu. 2) vitamin B12 sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B lainnya dalam formulasi vitamin B kompleks. 3) kelelahan merupakan gejala paling umum pada orang yang mengalami kekurangan vitamin. 4) pada proses pencernaan vitamin B12 dilepaskan dari protein dengan bantuan asam.5) setelah dilepaskan, vitamin B12 bergabung dengan Zat tertentu sebelum diserap kedalam aliran darah.

A.
1) dan 2)
D.
2) dan 4)


B.
1) dan 3)
E.
2) dan 5)


C.
2) dan 3 )



3.
Bacalah paragraph berikut!
       Bercocok tanam hidroponik merupakan salah satu alternatif teknik berkebun yang dilakukan oleh sebagian orang yang tidak memiliki lahan cukup luas.   Teknik  berkebun  yang  tidak   menggunakan

Kalimat penjelasan yang tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat yang berangka . . . .























Tujuan penulisan dalam paragraph tersebut adalah . . . .

A.
1)
D.
4)
A.
Menjelaskan perkembangan lagu dewasa akibat perkembangan teknologi informasi.
B.
2)
E.
5)
C.
3)


B.
Menginformasikan penyebab anak-anak tidak lagi menyanyikan lagu anak-anak.
5.
Perhatikan paragraph berikut!
       Udang ronggeng memiliki duri yang keras. Tubuhnya besar dilindungi kulit keras yang mengandung zat kapur dan mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai belalang sembah. Antenanya berkembang dengan baik terutama antenna kedua yang panjangnya melebihi panjang badannya. Habitat hidup udang ronggeng berada diperairan karang,  suatu kawasan laut yang terdapat banyak karang, terumbu karang, batuan granit atau vulkanis. Udang ronggeng adalah binatang yang aktif pada malam hari untuk mencari makan. Budidaya spesies ini tergolong mudah dibanding jenis lainnya. Jika biasanya memulai budi daya udang melalui larva, udang ronggeng tidak memerlukan larva untuk dibudidayakan. Cukup dari hasil tangkapan udang dewasa. Udang ronggeng dapat langsung dibudidayakan.
kata ini yang tercetak miring dalam paragraph tersebut mengacu . . . .
C.
Mengajak masyarakat untuk mengenalkan kembali lagu anak-anak kepada generasi muda.
D.
Menjelaskan bahaya kemajuan dan perkembangan lagu dewasa bagi anak-anak usia dini.
E.
Menginformasikan kesibukan orang tua yang membuat kurangnya waktu bersama anak-anak.
7.
Bacalah kedua teks berikut!
Teks I
         Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata di seluruh permukaan bumi pada bagian atmosfer bagian laut dan daratan bumi. Suhu global pada permukaan bumi telah meningkat selama seratus tahum terakhir. Banyak yang menganggap perubahan ini hanya perubahan kecil, tetapi dapat berdampak besar pada bumi. Kenaikan suhu ini dapat mengubah iklim sehingga terjadi perubahan pola cuaca yang dapat menimbulkan peningkatan dan perubahan curah hujan, angin, badai, dan terjadinya bencana alam. Peningkatan suhu permukaan bumi dihasilkan oleh adanya radiasi sinar matahari menuju atmosfer bumi. Sebagian sinar ini berubah menjadi energy panas dalam bentuk sinar inframerah yang diserap oleh udara dan permukaan bumi.
Disadur dari :  http://www.kompasiana.com/sintawidianingrum61
                      1/59aac4c9b84831a4167b952/teks-eksplanasi-
                      mengenai-pemanasan-global, 19 September 2017
Teks  II
          Masyarakat pasti udah sering mendengar istilah Global Warming. Nah, untuk mengingatkan aja, apa sih Global Warming itu ? Global Warming atau pemanasan global adalah kenaikan suhu rata-rata bumi setiap tahunnya. Tau nggak setiap tahunnya diperkirakan suhu bumi naik 1® C. pemerintah Indonesia dan dunia  udah  sering bekerja sama dalam menanggulangi masalah global ini, salah satunya adalah konferensi dunia yang dilaksanakan di Bali beberapa waktu yang lalu. Para pemimpin dari berbagai Negara sudah merumuskan beberapa tindakan penting yang akan diterapkan dalam menaggulangi pemanasan global ini, di antaranya pengurangan pemakaian CFC dan menciptakan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.
Disadur dari: http://ikrimmah.wordpress.com/2010/12/24/
                    Masyarakat-peduli-global-warming-gak-sih/,
                   19 September 2017
A.
Udang ronggeng


B.
belalang sembah



C.
Terumbu karang




D.
Udang dewasa




E.
Larva udang



6.
Bacalah paragraph berikut!
       Saat ini sudah jarang kita dengar anak-anak menyanyikan lagu anak. Kenyataan ini  sebagai efek dari perkembangan teknologi informasi, paparan lagu dewasa tidak dapat terhidarkan. Anak-anak dapat mengakses berbagai suguhan lagu dewasa dari internet. Ditambah kenyataan bahwa koleksi lagu anak-anak yang pernah diciptakan diindonesia semakin sedikit yang diputar baik di radio maupun televise. Belum lagi kesibukan sebagai orang tua membuat kurangnya waktu untuk sekedar bersama-sama menyanyikan lagu bersama anak-anak dengan materi sesuai dengan usia mereka. Pada umumnya anak-anak membutuhkan musik karena mereka pendengar yang intensif dan senang bergerak. Lagu dengan dinamik dan tempo yang tepat akan segera membuat anak-anak jatuh cinta pada lagu tersebut. Factor inilah yang menyebabkan lagu dewasa berirama riang akan menarik perhatian anak-anak.
Disadur dari :
      19 September 2017










Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah menggunakan bahasa . . . .

Teks I
Teks II
A.
Ilmiah
Sehari-hari
B.
Ilmiah
Baku
C.
Baku
Resmi
D.
Santai
Sehari-hari
E.
Sehari-hari
ilmiah


Simbol penulis hendak beribadah ditunjukkan oleh larik berangka . . . .
A. 1)                                  D. 4)
B. 2)                                  E.  5)
C. 3)
10.
Perhatikan  kutipan puisi berikut!
1) Tinggal matahari, sementara kau menoleh:
2) isyarat-isyarat buta
3) di batas mimpi dan jaga
4) kau pun tak menyahutnya
5) sebab kata dipermainkan angin kemarau
6) sebab mata berkedip di cahaya silau
Karya            : sapardi djokko damono
Dikutip dari  :
             sapardi djoko darmono.”iringan-iringan di bawah   
             matahari”dalam hujan bulan juni sepilihan sejak
             Jakarta, gramedia pustaka utama 2016
Larik bermajas personifikasi dalam kutipan puisi tersebut terdapat dalam larik ke- . . . .
A.       2)                                 D.    5)
B.       3)                                 E.     6)
C.       4)
8.




































Perhatikan paragraph berikut !
       Sarapan memiliki manfaat yang penting untuk aktivitas dalam sehari. Beberapa manfaat mengonsumsi makanan sehat pada pagi hari adalah dapat meningkatkan konsentrasi dan performa pada aktivitas sehari-hari; meningkatkan energy dan daya tahan tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari; dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Beberapa anak tidak memiliki selera makan pada pagi hari, tetapi sarapan perlu dikonsumsi. Alasannya, pertumbuhan pada anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup. Anak-anak yang tidak mendapat sarapan memiliki kecendrungan susah untuk focus, lebih mudah lelah, dan memiliki emosi yang buruk. Anak yang tidak mendapat sarapan lebih memiliki keinginan untuk jajan sehingga memiliki risisko mengalami kegemukan. Jika tidak mendapatkan sarapan, direkomendasikan anak membawa buah-buahan untuk mencegah anak jajan sembarangan.
                      Manfaat-sarapa-pagi, 19 september 2017
Tanggapan logis sesuai dengan paragraph tersebut adalah . . . .
A.        Sarpan penting untuk aktivitas dalam sehari karena memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.
B.        Sarapan yang baik bagi anak-anak, seperti nasi, roti gandum, sereal, sayur-sayuran, dan b uah-buahan segar.
C.        Sarapan dapat menyebabkan kegemukan sehingga dihindari oleh anak-anak dan orang dewasa.
D.        Sarapan pagi bermanfaat bagi anak-anak untuk mengendalikan kondisi emosi yang buruk.
E.         Sarapan dapat dilakukan di mana saja yang terpenting perut terisi makanan pada pagi hari.
11.
Perhatikan kutipan puisi berikut!
Kabut yang ikat dank abut yang pupur
Lekat dan grimis pada tiang-tiang jembatan
Matahari menggeliat dan kembali gugur
Tak lagi dilangit! Berpusing dipedih lautan
Karya            : sapardi djokko damono
Dikutip dari  :
             sapardi djoko darmono.”kartu pos bergambar
             jembatan golden gate, san fransisco” dalam hujan                          
             bulan juni sepilihan sajak, Jakarta, gramedia pustaka 
             utama 2016
makna kata gugur dalam larik ketiga puisi tersebut adalah . . . .
A.       Mati                                   D.    menghilang
B.       tiada                                   E.    tenggelam
C.       pergi
12.
Bacalah kutipan berikut!
1)      Hari itu jam satu malam. 2)  cuaca gulita
Dan murung. 3)   hujan terus turun selembut embun namun cukup membasahkan. 4 )  hati-hati kasim memimpin anak buahnya menuruni tebing yang tinggi yang curam dan licin. 5)  ia sendiri berjalan sangat hati-hati: ia menggendong seorang bayi pada panggulnya sebelah kiri.
Dikutip dari  : Nugroho Notosusanto,”sungai” dalam cerita           
                                 pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
bukti latar belakang dalam kutipan cerpen tersebut terdapat pada kalimat berangka . . . .
A.        1)                                         D.    4)
B.         2)                                         E.     5)
C.         3)
9.

Perhatikan kutipan puisi berikut !
Ada sajadah panjang terbentang                                  1)
Hamba sujud dan tak lepas kening hamba                   2)
Mengingat dikau                                                           3)
Sepenuhnya.                                                                  4)
Karya            : taufiq Ismail
Dikutip dari  :
Http://www.jendelasastra.com/dapur-sastra/dapur-jendela-sastra/lain-lain/puisi-puisi-taufiq-ismail, 06 oktober 2017

13.
Bacalah kuripan cerpen berikut!
      Kini sarsan kasim berjalan kembali ke jawa barat. Kali ini jarak yogya-priangan harus ditempuh berjalan kaki. Tidak ada truk belanda



Yang mengangkut. Tidak ada kereta api republic yang menjemput. Mereka sama sekali berjalan kaki. Menempuh jarak lebih dari 300 kilo. Turun lembah, naik gunung, menyebrangi sungai kecil dan besar. Akhirnya mereka telah tiba kembali di tepian sungai serayu, akan tetapi jauh dari hulu.dikaki pegunungan daerah banjarnegara. Kini tiada jembatan, tiada titian. Mereka harus terjun kedalam air.
Dikutip dari  : Nugroho Notosusanto,”sungai” dalam cerita          
                                 pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
latar sosial dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.    Kebiasaan prajurit pada saat terjadi perang besar
B.     Keadaan prajurit pada saat terjadi perang besar
C.     Kehidupan prajurit yang penuh pengorbanan
D.    Keadaan prajurit saat diserang oleh prajurit musuh
E.     Kehidupan prajurit yang penuh dengan tekanan


Aku tidak pernah setuju dengan cara-caraorang kita dahulu, mengekangmu semacam itu. Setidak-tidaknya, untuk mengingatkan bahwa masih ada seseorang yang memperhatikan cara hidupmu. Untuk mengingatkan bahwa kita masih punya seorang ayah yang patut kita hormati.
      “kau begitu baik kanda.’
      “ semua itu sudah telambat. Kau terdiam karena kenyataan ini semua terlalu pait bagimu. Hatimu rapuh. Hati ibumu!perasan beliaulah yang kuwarisi sepenuhnya. Alangkah malang hidupmu itu.”
     Aku tidak menjawab kata-katanya yang keras itu karena kurasa kurang hormat dan kurang sopan berbantah-bantahan ditempat umum. Dan untuk menghilangkan perasaan yang menekan itu kupesan lagi minuman kepada nelayan.
Dikutip dari  : Boedihardjo Suryasunarsa.”Orang Asing” dalam           
                                 Cerita pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.       Tokoh aku tidak menjawab perkataan kakaknya yang keras karena mengganggapnya sebagai perkara yang kurang santun.
B.        Tokoh aku merasa hidupnya selalu terkekang karena masa kecilnya dimasukkan dalam asuhan biara yang penuh aturan.
C.        Tokoh aku mencoba menghilangkan rasa tertekan yang disebabkan oleh perkataan kakaknya yang keras dan kasar.
D.       Tokoh aku terdiam mendengar perkataan kakaknya karena kenyataan hidup yang dilalui sudah terlalu pait.
E.        Tokoh aku mencoba mencari tahu tentang ayahnya karena merasa sang ayah masih patut untuk dihormati.
14.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
      Tapi kecemasan yang dialaminya sekarang. Apakah akan berakhir? Tidak! Sahut hatinya. Laki-laki itu takkan pulang. Ia telah memanjat dan memanjat terus, lalu mati terjatuh ditengah hutan karena keberaniannya yang luar biasa. Ah, kasihan si buyung, tak berbapak lagi. Sambil berkata lirih demikian itu sambil diliriknya anak yang berada disisihnya. Anak itu lelap, tak tahu apa yang sedang dicemaskan ibunya. “ tidak. Yung, bapakmu mesti pulang!” lagi ia membantah kecemasannya.”tak hari ini, tentu besok. Waktu takkan berakhir. Malam dan siang terus berganti, seperti kau dan aku. Kau lahir aku mati. Atau kau mati tapi ada lagi yang lahir.”
Dikutip dari  : A. D. Donggo.”Tiga kali matahari hilang” dalam cerita          
                                 pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah. . . .
A.      Bapak tokoh sibuyung pergi meninggalkan tokoh buyunh dengan ibunya
B.      Bapak tokoh sibuyung meniggal karena terjatuh ditengah hutan.
C.      Bapak tokoh sibuyung tidak pernah kembali menemui sibuyung.
D.      Bapak tokoh sibuyung cemas dengan keadaan sibuyung dan ibunya
E.       Bapak tokoh sibuyung merasa khawatir dengan keadaan sibuyung
16.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
     “wak. Kite namekan ape sampan layo uwak ni ?” Tanya nizam waktu itu.
      “mmm . . . ape ke yang bagus?”uwak balik bertanya.
      “lancang kuneng aje, wak!” sahut melani cepat.
       “ betul lah tu! Lancang kuneng!” timpal nizam bersemangat.
      Wak mengangguk setuju. Lalu serentak mereka bernyanyi dengan suara keras.

     Lancang kuning. Lancang kuning berlayar malam.
     Berlayar  malam
     Kalau ah bertiup, angin selatan, ai angin selatan angkatlah sauh, angkatlah sauh, berlayar kita
    Lancang kuning berlayar malam, ai berlayar malam
15.
Bacalah kutipan cerpen berikut!
     “saya tidak menduga, hati kanda sekeras itu.”
     “aku tahu, tidak dapat memberimu sesuatu atau sedikit mengekang hidupmu yang sekarang tak karuan ini. Itulah salahnya. Kau dimasukkan dalam asuhan biara karena mereka menghendaki hari depan dan kehidupan yang saleh bagimu. Mereka mengekangmu dengan aturan-aturan kosong, sedangkan pikiranmu telah lam meloncati dinding-dindingnya yang tebal dan angkuh



     Uwak hanya tersenyum melihat tingkah mereka yang polo situ. Dilain waktu mereka diajak berlayar lagi keselat panjang, kampong sebelah yang dipisahkan oleh sebuah selat kecil.
Dikutip dari  : Novia Syahidah.”lancang kuning berlayar petang”      
                           dalam aku bisa nulis fiksi. Yogyakarta,diva press,2016
nilai sosial budaya dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
A.   Mengajarkan anak-anak untuk berani berlayar
B.    Menyanyikan lagu daerah sebelum berlayar
C.    Menanamkan cinta kesenian lewat lagu
D.   Menamai perahu yang baru saja dibeli
E.    Mengajak anak-anak untuk berlayar


Menyebutkan dirinya modern . . . “
Dikutip dari  : St. Takdir Alisyahbana. Layar terkembang,
                                 jakarta  Balai Pustaka.1989
nilai sosial budaya dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.    Bangun pada saat matahari sudah tinggi
B.     Menjaga adat istiadat yang diwariskan
C.     Bangun pada pagi hari setiap harinya
D.    Minum teh pada saat senja datang
E.     Tidur pada saat sore hari datang
19.
Perhatikan kutipan novel berikut!
     R. Wiriatmaja menundukkan kepalanya pula membaca korannya. Perkataan anaknya itu tiada sedikit jua pun janggal terdengar kepadanya, ia biasa memberikan kebebasan sebagai seorang yang besar dalam didikan cara lama, tetapi tiada menutup matanya kepada perubahan yang berlangsung setiap hari dalam pergaulan, kabur-kabur terasa kepadanya, bahwa telah demikianlah kehendak zaman.
Dikutip dari  : St. TakdirAlisyahbana, Layar Terkembang. Jakarta
                                balai pustaka, 1989
hubungan antarunsur intrinsic dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.       Latar sosial memengaruhi tindakan tokoh
B.       Latar waktu memengaruhi pemikiran tokoh
C.       Latar budaya memengaruhi pemikiran tokoh
D.       Latar budaya memengaruhi tindakan tokoh
E.        Latar sosial memengaruhi pemikiran tokoh
17.
Perhatikan kutipan novel berikut!
     Pada suatu malam aku terbangun oleh kesibukan yang terjadi dirumah, dari ranjang. Tiba-tiba aku mendengar suara senjata api. Disusul oleh rebut-ribut dijalan kampong. Orang-orang berlarian, berteriak dari arah tangsi polisi menuju kearah sungai di belang.
    Seseorang berbicara dengan ayah di pendapa.
     “harus mengungsi, pak! Seluruh kampong dikosongkan.”
     “ke mana ? kudengar suara ayah.
     “ ke mana saja, kebatan lagi kalau mau.”
     “baik, kami bersiap-siap.”
     Aku turun dari tempat tidur. Diruang makan maryam sedang menolong ibu mengemasi makanan, dibungkus dan dimasukkan kedalam sarung bantal.
Dikutip dari  : Nh. Dini. Padang ilalang dibelakang rumah, jakarta          
                                 Gramedia.1987
Penyebab konflik dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.      Terjadi keributan dan terdengar suara senjata api pada waktu malam hari
B.      Tokoh aku terbangun dari tidur malamnya karena mendengar suara teriakan
C.      Ada seseorang yang member tahu tokoh ayah tentang kedatangan musuh
D.      Tokoh ibu kesulitan dalam mengemasi makanan
E.       Tokoh aku beserta keluarga

20.
Perhatikan kutipan kedua puisi tersebut!
   
 PUISI LAMA
Pada zaman dahulu kala
Tersebutlah sebuah cerita
Sebuah negeri yang aman sentosa
Dipimpin sang raja nan bijaksana
  
  PUISI BARU
Aku bertanya
Tetapi pertanyaan-pertanyaanku
Membentur jidad penyair-penyair salon
Yang bersajak tentang anggur dan rembulan
Sementara ketidak adilan terjadi
Disampingnya,
Dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan
Termangu-mangu di kaki dewi kesenian.
Karya : w.s. Rendra
18.
Perhatikan kutipan novel berikut!
     “saya juga sebenarnya tiada menyalahkan orang yang sekali-kali bangun tinggi hari. Tetapi yang sebenarnya mengggusarkan saya melihat orang tinggi hati itu, ialah oleh karena hal itu menunjukkan suatu yang tidak baik. Bangsa kita yang bersahaja di desa-desa, yang tidak pernah masuk sekolah boleh dikatakan tidak pernah bangun tinggi hari, apalagi perawan-perawannya. Bangun tinggi hari, sore tidur lagi senja-senja minum the dan melancong-lancong mengambil udara, mereka yang demikian



Perbedaan atara kedua puisi tersebut adalah . . . .

Puisi Lama
Puisi Baru
A.
Bersajak a-b-ab
Tidak terikat sajak
B.
Larik pertama berupa sampiran
Menggunakan bahasa lugas
C.
Larik keempat berupa isi
Semua larik merupakan isi
D.
Terikat sajak
Rima pada akhir larik tidak harus sama
E.
Jumlah suku kata bebas
Jumlah suku kata dibatasi


Mengelola pembelajaran tidak luput dari perhatian sholeh hidayat dalam buku pengembangan Guru Profesional ini.
Disadur dari: http://ikrimmah.wordpress.com/2010/12/24/
                    Masyarakat-peduli-global-warming-gak-sih/,
                   19 September 2017
Kalimat resensi yang tepat menyatakan keunggulan isi buku sesuai penjelasan tersebut adalah . . .
A.        Buku Pengembangan Guru Profesional disajikan dengan bahasa yang komunikatif sehingga pembaca mudah mengerti materi yang disajikan.
B.         Buku Pengembangan Guru Profesional menyajikan materi penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dengan begitu komplet.
C.         Buku Pengembangan Guru Profesional disajikan dengan materi pembelajaran yang menarik sehingga guru mudah memahami buku ini.
D.        Buku Pengembangan Guru Profesional berisi beberapa metode pembelajaran inovatif yang akan menuntun guru menjadi professional
E.         Buku Pengembangan Guru Profesional menyajikan materi kegiatan PPL yang efektif dan keterampilan dasar guru dengan mendalam.

21.
Perhatikan kutipan kedua puisi berikut!
Puisi I
Omong-omong soal kosong
Bukan berarti omong kosong
Omong soal isi
Belum tentu omongan berisi
Karya : Norman Adi SAtria

Puisi II
Dalam ribaan bahagia datang
Tersenyum bagai kencana
Mengharum bagai cendana
Dalam bah’gia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mewarna bagaikan sari
Karya : Sanusi Pane

Perbandingan gaya bahasa kedua kutipan puisi tersebut adalah . . . .

Puisi I
Puisi II
A.
Menggunakan majas
Menggunakan ungkapan
B.
Menggunakan ungkapan
Menggunakan bahasa lugas
C.
Menggunakan bahasa lugas
Menggunakan ungkapan
D.
Menggunakan ungkapan
Menggunakan majas
E.
Menggunakan majas
Menggunakan bahasa lugas
23.
Perhatikan paragraph berikut!
     Nia memenangkan lomba membaca puisi tingkat SMA se-kabupaten minahasa. Walaupun berhasil menjadi juara, Nia tetap [ . . . ].  Dia tetap membumi dan tidak sombong. Sikapnya itu membuat Nia disukai oleh teman-temannya.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah . . . .
A.      Ringan tangan          D.     Rendah hati
B.      Ringan mulut            E.     Rendah diri
C.      Ringan kaki

24.
Perhatikan paragraph eksposisi rumpung berikut!
     Meskipun Indonesia tercatat sebagai Negara terbesar ketiga yang memproduksi beras terbanyak di dunia, Indonesia masih tetap perlu mengimpor beras hamper setiap tahunnya. Situasi ini disebabkan para petani menggunakan teknik-teknik pertanian yang tidak optimal ditambah dengan komsumsi per kapita beras yang besar. Konsumsi beras per kapita di Indonesia tercatat hamper 150 Kilogram (beras, per orang, per tahun) pada tahun 2017. [. . . .] hanya Myanmar, Vietnam, dan Bangladesh yang memiliki konsumsi beras per kapita yang lebih tinggi dibanding Indonesia.
                      komoditas/beras/item/183.9 oktober 2017
22.
Perhatikan penjelasan berikut!
     Guru pada era milenial seperti sekarang wajib mempunyai segudang metode pembelajaran yang inovatif. Penciptaan kreasi pengajaran inovatif sangat dimungkinkan lahir dari aktivitas praktik pengalaman lapangan (PPL). Berdasarkan pernyatran tersebut, sholeh hidayat dalam buku ini memasukkan pembahasan khussus dan mendalam tentang bagaimana menjalankan kegiatan PPL benar-benar efektif dan tepat guna. Keterampilan dasar guru dalam mengelola pembelajaran juga sangatlah penting. Keterampilan dasar guru dalam



Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraph rumpang tersebut adalah . . .
A.        Meskipun demikian, Indonesia tetap dapat memenuhi kebutuhan beras dari hasil panen setiap tahunnya
B.         Bahkan, indonesia menenpati peringkat keempat konsumen beras per kapita terbesar di seluruh dunia.
C.         Bahkan, Indonesia harus terus mengimpor untuk bisa mencukupi konsumsi beras per kapita penduduknya
D.        Meskipun demikian, impor yang dilakukan Indonesia dilakukan hanya untuk menjaga tingkat cadangan beras.
E.         Namun, masih ada beberapa Negara yang memiliki konsumsi beras per kapita lebih tinggi dari pada Indonesia


Kalimat yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah . . . .
A.        Sesungguhnya aku tidak sengaja
B.        Aku memang menertawakan dia
C.        Kamu memang menertawakan dia
D.        Dia menjadi sangat marah padaku
E.         Aku merasa sangat kasihan padanya
27.
Perhatikan kutipan novel rumpang berikut!
     “delapan tahun lagi kau kaya, Jo!
     “apa . . . . “ (ia mendangir terus, nadanya kendur harapan.)
     “berapa buah cengkehmu?”
     “delapan batang mana bisa kaya.”
     “sekarang delapan. Buahnya per pohon kira-kira sepuluh ribu biji. Ditanam lagi menjadi delapan puluh ribu batang . . . .”
     “dagelan kuno ! kabar apa dari kota ?”
     “saya tidak ke kota.”
     “[….]”
     “maunya, tetapi ada rombongan tamu agung. Piker-pikir, ah beli cangkul hari lain bisa.”
Dikutip dari  : Y. B. mangunwijaya, burung-burung manyar
                        Jakarta, kompas 2014
kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan novel tersebut adalah. . .
A.        Mengapa kamu tidak kekota?
B.        Ah, katanya kamu mau kekota.
C.        Jangan berbohong kepadaku.
D.        Katanya mau berangkat pagi ini.
E.         Lho, katanya mau beli cangkul.
25.
Perhatikan paragraph deskripsi berikut!
     Wisatawan yang gemar menyelam dapat menikmati keindahan dunia bawah laut pantai carita. Dengan berperahu selama dua jam , wisatawan akan sampai kelokasi taman laut yang dahulunya berupa pulau tenggelam. Di lokasi ini wisatawan bisa melihat beraneka ragam ikan dan biota laut lainnya. [. . ..] berjalan atau berenang ditengah geronbolan ikan nerupakan pengalaman yang luar biasa.
Dikutip dari  : Giyarto,pesona wisata provinsi banten,klaten,intan
                        pariwara,2009
kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraph rumpang tersebut adalah . . .
A.      Tampak ikan-ikan beraneka warna berkejar-kejaran didekat karang
B.      Banyaknya ikan di pulau carita memanjakan wisatawan yang gemar memancing
C.      Bongkahan terumbu karang di kawasan ini menyajikan pemandangan yang menarik
D.      Menyelah di perairan pulau carita menyuguhkan pengalaman yang menarik
E.       Wisatawan akan tertantang dengan adanya ombak yang bergulung
28.
Perhatikan kutipan drama berikut!
Suriwang



Baru klinting

Suriwang

Baru klinting






Suriwang
:



:

:

:






:
Ai-ai-ai memang tak bisa lain, dengan modal dusta berlaku durjana . . . hanya bisa untuk bisa jadi raja.
Wanabaya, ki ageng mangir muda, tak bakal jadi raja.
[. . . .] buat apa pula tombak tambahan?
Bukan buat naikkan wanabaya ke takhta, buat tumpas semua raja dengan nafsu besar dalam hatinya. Ingin berkangkang jadi yang dipertuan. Mangir tidak boleh dijamah.
Mangir tak boleh dijamah! Ai-ai-ai tak bisa lain.
Dikutip dari  : pramoedya ananta toer, drama mangir, Jakarta,
                        Kepustakaan popular gramedia, 2015
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah . . .
A.        Tak bakal jadi raja!
B.        Aku tak habis piker!
C.        Apa yang tuan katakan!
D.        Ada apa dengan wanabaya!
E.         Jangan berpikiran seperti itu.
26.
Perhatikan kutipan cerpen rumpang berikut!
     “Dengarlah. Sekarang aku ingin menjawab pertanyaanmu. Sebab, setelah aku piker, siapa tahu perjumpaan kita kali ini adalah yang terakhir. Siapa tahu aku hamper mati ? kamu tadi tanya apa ? apa betul aku menertawakan pak barja sehingga dia marah dan memukuli aku?”
     “ya, Kang”
     “Nah, betul. [. . . .]” dan sardupi terkekeh.
     “mengapa? Apa ada yang lucu atau ganjil pada diri hansip pasar itu? Bukankah dia tampangnya serem?”
     Sardupi tersenyum.
Dikutip dari  : Ahmad tohati,”pemandangan perut” dalam mata
                        yang enak dipandang, Jakarta.gramedia pustaka
                                utama, 2015


29.
Bacalah pantun berikut!
Pag-pagi mencari ikan.
[. . . .}
Ilmu padi hendak terapkan.
Semakin menunduk semakin berisi.
Sampiran yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah . . .
A.        Ikan-ikan berenang kesungai berantas.
B.         Ikan-ikan berenang ke sungai musi.
C.         Ikan-ikan berenang sedari pagi.
D.        Ikan berenang kesana kemari.
E.         Ikan berenang selalu ketepi.


B.          Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti lazimnya yang kita pahami di sekolah, yaitu kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritsi sesuai metode dan praktik informal.
C.          Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti lezimnya yang kita pahami disekolah, yaitu kemampuan membaca, menulis, berpikir kritis sesuai metode, dan praktik formal.
D.         Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti lazimnya yang kita pahami di sekolah, yaitu kemampuan kognitif dan metakognitif yang diajarkan dalam proses pembelajaran.
E.          Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti lazimnya yang kita pahami disekolah, yaitu kemampuan menganalisi masalah berdasarkan langkah-langkah yang sistematis.
30.
Bacalah penggalan puisi berikut!
Akulah si [….]: berlayarlah di atasnya;
Berlayarlah menyibakkan riak-riak kecil yang
       Menggerakkan.
Bunga-bunga padma;
Berlayarlah sambil memandang harumnya cahaya.
Sesampai disebrang sana, tinggalkan begitu saja
---perahumu biar aku yang menjaganya
Karya : sapardi djoko darmono
Dikutip dari  : Sapardi Djoko darmono “iringan-iringan dibawah             
                                matahari” dalam hujan bulan juni sepilihan sajak,
                                Jakarta, Gramedia Pustaka Utama,2016
Kata kias yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah . . . .
A.        Sungai                           D.     Angkasa
B.         Pelangi                          E.     dermaga
C.         Telaga
32.
Bacalah petunjuk ruumpang berikut!
Cara Membuat Topeng
Berbahan Dasar Kayu
1)        Pertama-tama, potonglah kayu dengan ukuran yang sesuai
2)        Belahlah kayu menjadi dua bagian menggunakan kampak
3)        Setelah dirasa pas, buatlah pola dasar pada kayumenggunakan pensil. Pola dasar dalam pembuatan topeng adalah mulut,hidung,mata dan beberapa tambahan lainnya
4)        [. . . .]
5)        Setelah dipahat sesuai dengan bentuk yang diinginkan, haluskan topeng menggunakan pahat.
6)        Setelah permukaan topeng benar-benar halus, olesi permukaan topeng dengan cat pelitur untuk menututupi pori-pori kayu sehingga proses pewarnaan lebih merata.
7)        Berilah warna pada topeng sesuai dengan karakter topeng menggunakan cat warna
8)        Terakhir, keringkan topeng yang sudah diberi warna
Dikutip dari  : Http://carajuki.com/cara-membuat-topeng-dari-          
                                Berbagai-macam-bahan/diunduh 10 oktober 2917

Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk rumpang tersebut adalah . . . .
A.        Pahatlah pola yang sudah dibuat dengan alat pahat
B.        Potonglah kayu sesuai pola dasar yang sudah dibuat
C.        Gunakan gergaji untuk memotong sisi kayu agar rapi.
D.        Tebalkan pola topeng yang telah dibuat dengan pensil.
E.         Buatlah pola topeng yang lebih terperinci pada potongan kayu.
31.
Perhatkan paragraph resensi rumpang berikut!
     Suara dari marjin adalah peleburan hasil dari dua penelitian yang pernah dijalankan oleh kedua penulisnya secara terpisah.  Sofie dewayani melakukan penelitian atas praktik literasi pada kalangan anak-anak yang bekerja dijalan untuk keperluan disertasi S3-nya di University of Illionis at urbana-champaign. Sementara itu, pratiwi retnaningdyah meneliti praktik literasi pada kalangan buruh migran Indonesia ( BMI ), khususnya yang bekerja atau pernah bekerja di hong kong. Dalam buku ini, keduanya menegaskan banyak argument  yang disuarakan para teoritikus kajian literasi baru atau new literacy studies ( NLS). [. . . .] lebih dari itu, literasi bisa terjadi melalui praktik informal, yang berlandaskan praktik keseharian dan memiliki tujuan akhir yang lebih relevan dengan keseharian pelakunya.
kalimat yang tepat untuk melengkapi resensi buku tersebut adalah . . . .
A.        Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti lazimnya yang kita pahami disekolah, yaitu kemampuan memecahkan suatu masalah dengan mengambil teori-teori yang sudah ada.

33.

Perhatikan kalimat berikut!
Lusa Diana pulang dari semarang.
Kalimat berikut yang berpola sama denga kalimat tersebut adalah . . . .
A.         Dirga pergi kesurabaya kemaren sore
B.          Kemaren malam andi menjenguk bra
C.          Cintya membeli buku tadi siang
D.         Tadi pagi rina berangkat ke sekolah
E.          Lusa andi mengajak ibu ke semarang


36.

Perhatikan paragraph berikut!
1)      daun dapat dibuat jus. 2)  jus daun papaya mengandung lebih dari 50 bahan aktiv. 3)  salah satu kandungan dalam jus daun papaya adalah senyawa karpain. 4)  senyawa karpain mempunyai banyak manfaat. 5)  senyawa karpain dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, serta parasit.
Disadur dari  : http://manfaat.co.id/manfat-daun-pepaya,    
                                9 oktober 2017
Kesalahan penggunaan kata dalam paragraph tersebut terdapat pada kalimat berangkat . . . .
A.        1)                                  D.     4)
B.        2)                                  E.      5)
C.        3)
34.
Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1)         Guntinglah botol plastic pada bagian tengah
2)         Gunting sisa kain flannel yang tidak menempel pada bagian luar botol
3)         Tempelkan kain flannel pada bagian luar botol yang sudah diberi lem
4)         Berilah lem pada bagian luar botol yang sudah digunting
5)         Jika potongan kain flannel telah tertutup, lipatlah kain flannel dengan kain lain yang berbeda warna
6)         Tempat pensil dari botol bekas dan kain flannel pun siap dugunakan.
Dikutip dari  : Http://luthinurazizah.blogspot.co.id/2013/05/          
                                 Petunjuk-membuat-tempat-pensil-dari.html
                                 10 oktober 2017
Urutan yang tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi teks prosedur adalah . . . .
A.        1)-4)-2)-3)-5)-6)-7)
B.         1)-4)-2)-3)-6)-5)-7)
C.         1)-4)-3)-2)-5)-6)-7)
D.        1)-4)-3)-2)-6)-5)-7)
E.         1)-4)-3)-5)-2)-5)-7)
37.
Perhatikan paragraph berikut!
     1)  satai lilit merupakan salah satu makanan khas bali yang mempunyai cita rasa enak dan gurih. 2)   jika satai pada umumnya dagingnya ditusuk, satai lilit justru dibuat dengan cara dililit. 3)  unutk membuat satai lilit, daging dicincang halus terlebih dahulu, lalu diramu dengan bumbu bali. 4)  oleh karena itu, daging tersebut dililitkan pada batang daun serai. 5)  batang daun serai akan membuat aroma satai lebih wangi dan menggoda.
Disadur dari  : http://liburanbali.net/makanan-khas-bali/
                                9 oktober 2017
Kesalahan penggunaan konjungsi dalam paragraph tersebut ditunjukkan oleh kalimat berangka . . . .
A.        1)                                 D.     4)
B.        2)                                 E.      5)
C.        3)

35.
Perhatikan paragraph rumpang berikut!
     Rumput laut menjadi komoditas yang akan diunggulkan dalam kegiatan perikanan budi daya berbasis ekonomi biru ( Blue Economy ). Kajian kegiatan yang akan dipusatkan di Lombok, nusa tenggara barat, itu telah disampaikan ke organisasi pangan dunia ( FAO ). Dirjen perikanan budidaya kementrian kelautan dan perikanan, slamet soebjakto, mengatakan masyarakat Lombok tidak hanya mengekspor rumput laut dalam bentuk mentah, [. . .] memanfaatkannya untuk kebutuhan industry dalam negeri. Limbahnya pun digunakan untuk pupuk, pakan ikan, [. . .] pakan ternak.
Dikutip dari  : Http://industri.bisnis.com/read/20170918/99/     
                                 690895/rumput-laut-komoditas-andalan-ekonomi-
                                 Biru, 10 oktober 2017
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah . . . .
A.         Tetapi juga, dan
B.          Tetapi juga, atau
C.          Melainkan juga, serta
D.         Melainkan juga, atau
E.          Melainkan juga, dan
38.
Perhatikan pargraf berikut!
     1)  pantai senggigi mempunyai air laut yang jernih dan bersih. 2)  keadaan air laut di pantai senggigi itu sering digunakan untuk olahraga air. 3)  banyak wisatawan yang datang menikmati keindahan pantai senggigi. 4)  salah satu olahraga air yang sering dilakukan dipantai senggigi adalah berselancar. 5)  selain berselancar, olahraga yang dapat dilakukan di pantai senggigi adalah berenang dan snorkeling.
Disadur dari  : http://wisatalombokaja.blogspot.co.id/2014/08  
                                Wisata-pantai-senggigi-lombok-barat.html
                                 9 oktober 2017
Kaklimat tidak padu dalam paragraph tersebut adalah kalimat berangka . . . .
A.        1)                                 D.     4)
B.        2)                                 E.      5)
C.        3)

                                                                                                                                        

39.
Perhatikan paragraph rumpang berikut!
     Jelang idul adha. Pengurus masjid di kota malang mengikuti pelatihan menjadi juru sembelih hewan halal (juleha). Sebanyak seratus orang perwakilan dari dan [. . .] penyembelihan di rumah penyembelihan hewan ( RPH ). Kegiatan ini diadakan tiap tahunnya.
Disadur dari  : www.malanglines.com/tag/juru-sembelih-halal
                                     9 oktober 2017
Kata baku yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah. . .  .
A.        Masjid, musola, praktek
B.         Mesjid, musala, praktik
C.         Masjid, musala, praktik
D.        Masjid, mushala, praktik
E.         Mesjid, musola, praktek


Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf rumapng tersebut adalah . . . .
A.        Shalat, muadzin, adzan
B.         Shalat, muazin, azan
C.         Salat, muazin, azan
D.        Salat,  muazin, adzan
E.         Salat, muadzin, azan

43.
Bacalah paragraf berikut!
     Sekarang banyak anak-anak putus sekolah. Mereka putus sekolah karena alas an ekonomi. Mereka tidak punya biaya untuk tetap bersekolah.

Alasan kesalahan penggunaan kata yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah . . .
A.        Tidak sesuai dengan kamus besar bahasa Indonesia
B.        Membuat kalimat menjadi ambigu
C.        Membuat kalimat menjadi tidak efektif
D.        Membuat kalimat menjadi logis
E.         Tidak menempati fungsi kalimat yang tepat
40.
Perhatikan paragraph rumpang berikut!
     Andi dikenal sebagai anak yang [. . . ] di kelasnya. Setiap kenaikna kelas, andi selalu mendapatkan peringkat pertama. Setiap hari andi selalu belajar. Dia belajar [. . .] dibandingkan teman-temannya. Walaupun pintar,andi [. . . ] dia tidak pernah sombong.

Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraph rumpang tersebut adalah . . . .
A.        Paling pintar, lebih giat, sangat rendah hati
B.         Paling pintar, lebih giat, paling rendah hati
C.         Lebih pintar, sangat giat, sangat rendah hati
D.        Paling pintar, paling giat, sangat rendah hati
E.         Sangat pintar, sangat giat, sangat rendah hati
44.
Perhatikan judul karangan ilmiah berikut!
1)        “Analisis Penggunaan Kalimat Imperative Dalam Novel Room Rahadi Karya Y. B. Mangun Wijaya.
2)        “Kajian Intertekstual Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk Dengan Novel Dalam Mihrab Cinta”
3)        “Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Upaya Meningkatkankemampuan Menulis Cerpen”
4)        “Analisis Ahli Kode Dan Campur Kode Dalam Percakapan Siswa Sman 1 Karanganom”
5)        “Kritik Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Acuh Tak Acuh Karya Korrie Layun Rampan”

Kesalahan penulisan judul karangan ilmiah terdapat pada judul berangka . . .
A.        1)                                 D.     4)
B.        2)                                 E.      5)
C.        3)
41.
Perhatikan paragraph rumpang berikut!
     Adiwiyata adalah salah satu program kementerian lingkungan hidup dalam rangka [. . . . ] terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk melestarikan lingkungan hidup. Dalam program ini [ . . . ] setiap warga sekolah dapat ikut [. . .] dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negative.
Dikutip dari  : http://soviadeviani.weebly.com/,
                                     9 oktober 2017
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraph rumpang tersebut adalah . . . .
A.        Didorong, mengharapkan, dilibatkan
B.         Mendorong, mengharapkan, terlibat
C.         Didorong, diharapkan , terlibat
D.        Mendorong, diharapkan, terlibat
E.         Didorong, mengharap, terlibat

45.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)        Andi sutopo, M.Pd. merupakan ayah dari Nugroho
2)        Prof. SUlaiman menjadi rector di kampusku
3)        K.H. Abdullah mengisi pengajian kemarin sore
4)        Andi Nurahman, S.Pd mengajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia
5)        H. Badrudin memulai usahanya pada tahun 2001
Kesalah penulisan nama gelar terdapat pada kalimat berangka . . .
A.        1)                                 D.     4)
B.        2)                                 E.      5)
C.        3)

42.
Perhatikan paragraph rumpang berikut !
     Badarudin anak yang rajin mengaji, ia tidak pernah meninggalkan [. . .] lima waktu. Bahkan, dia sering menjadi [. . .] yang mengumandangkan [. . .].

46.
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)          Andi anak yang pintar, sedangkan rani anak yang rajin
2)          Ayah membaca buku, ibu memasak;andi menyapu
3)          Ibu kepasar membeli, apel, jeruk, dan papaya
4)          Ayah membawa peralatan tulis-bolpoin, pensil, dan penghapus.
5)          Kita memerlukan meja, kursi, dan lemari
6)          Nanda mendapat juara ke-3 di kelasnya

Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat angka . . . .
A.        1) dan 2)                     D.     4) dan 5)
B.        2)  dan 3                      E.      5) dan 6)
C.        3)  dan 4)



Kata ulang berimbuhan yang tepat untk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .. .
A.        Berbondong-bondong,berduyun-duyun
B.        Berduyun-duyun, berbondong-bondong
C.        Berdesak-desakan, berbondong-bondong
D.        Berbondong-bondong, berdesak-desak
E.         Berdesak-desakan, berduyun-duyun


49.
Perhatikan kalimat rumpang berikut!
     Andi membeli perlengkapan mandi [ . . .] handuk [. . .] sabun [. . .]dan sampo[. . .]

Tanda baca yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . .
A.        Tanda titik dua (:), tanda koma(,), tanda koma(,), dan tanda titik (.)
B.        Tanda koma (,),Tanda koma (,),Tanda koma (,), dan tanda titik (.)
C.        Tanda pisah (--), tanda koma (,),Tanda koma (,), dan titik (.)
D.        Tanda hubung (-),Tanda koma (,),Tanda koma (,), dan tanda titik (.)
E.         Tanda titik koma(;),Tanda koma (,),Tanda koma (,), dan titik (.)

47.
Kesalahan penggunaan tanda baca terdapat pada kalimat angka . . . .
A.        Acara pameran lukisan di gedung kriya mandiri berlangsung dari tanggal 12-16 juli 2017
B.         Presiden Indonesia-joko-widodo-memim-pin rapat cabinet di istana Negara, Jakarta
C.         Perjalanan Yogyakarta-solo ditempuh andi selama dua jam perjalanan
D.        Rina mendapat peringkat ke-3 dalam lomba membaca puisi se-kabupaten sleman
E.         Lokasi bandara soekarno-hatta terdapat di provinsi banten


50.
Perhatikan kalimat berikut!
Andi sejak membaca kumpulan sajak hujan bulan juni karya saparfi karyo damobo.

Perbaikan ejaan yang tepat pada kalimat tersebut adalah . . . .
A.        Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan juni karya sapardo djoko damono
B.        Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan juni karya sapardo djoko damono
C.        Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan juni karya sapardo djoko damono
D.        Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan juni karya sapardo djoko damono
E.         Andi sedang membaca kumpulan sajak hjan bulan huni karya sapardo djoko damono

48.
Perhatikan paragraf rumpang berikut!
     Tidak ada kata libur untuk beribadah. Usai pertandingan persib bandung melawan bali united, supporter persib [ . . .] menunaikan ibadah salat magrib. Mereka menunaikan salat di masjid bergerak atau yang diebut mobile masjid yang tersedia disalah satu sudut stadion si jalak harupat. Agar tidak [. . .], mereka bergantian melaksanakan salat magrib. Tindakan tersebut dilakukan mengingat kapasitas tempat yang terbatas.
Disadur dari  : http://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesai/  
                                d-3653092/mobile-masjid-untuk-bobotoh-nonton-
                                 sepakbola-jalan-ibadah-tak-ketinggalan, 10 oktober
                                 2017




J  J



untuk kunci dan pembahasan bisa buka di link dibawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar