Pilihlah Jawaban
yang benar!
|
Soal Uji Kemampuan Diri
|
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 120 Menit
Jumlah Soal
: 50 Butir
|
1.
|
Perhatikan paragraph berikut!
Poco-poco merupakan salah satu
kesenian daerah manado, Sulawesi Utara. Gerakan tari POco-poco diiringi
dengan lagu berbahasa Manado. Gerakan tari Poco-poco memiliki rentak yang
lincah. Kaki penari bergerak dinamis, baik kearah depan, samping, maupun
belakang.
10 Oktober 2017
Kata rentak pada
paragraph tersebut bermakna
. . . .
|
Tanah ini ternyata bisa memberikan hasil melimpah.
Hasil melimpah tersebut dapat diperoleh ketika
pemilik melakukan perawatan secara intensif
sehingga hasil yang didapatkannya akan semakin
banyak. Bercocok tanam dengan cara hidroponik ini
memiliki banyak manfaat, seperti ramah lingkungan;
hama dan penyakit tanaman dapat dikurangi; hemat
air dan pupuk; mengurangi karbon dioksida; tidak
merusak tanah; pertumbuhan tanaman lebih cepat;
kualitas tanaman terjaga; dapat ditanam dimana
saja dan kapan saja; serta hemat lahan,waktu,d an
tenaga. Tanaman yang biasanya ditanam secara
hidroponik adalah tanaman hortikultura berupa
sayur-sayuran dan buah-buahan.
Disadur dari: Http://www.pertanianku.com/tips-jitu-memulai-
budidaya-hidroponik/,
10 Oktober
2017
Gagasan utama paragraf tersebu adalah . . . .
|
|||||||||||||||
A.
|
gerakan kepala
|
||||||||||||||||
B.
|
gerakan badan
|
||||||||||||||||
C.
|
gerakan tangan
|
||||||||||||||||
D.
|
gerakan pinggul
|
||||||||||||||||
E.
|
gerakan kaki
|
||||||||||||||||
2.
|
Perhatikan
paragraph berikut!
1 )
Harga minyak dunia mendekati level 50 dolar AS per barel. 2 ) Minyak masih berupaya bangkit didukung
ekspektasi penurunan produksi di Amerika Serikat. 3 ) mengutip Bloomberg, Minyak WTI untuk pengiriman
Oktober di Nymex diperdagangkan di level 49,48 dolar AS per barel pukul 07.36
WIB. 4 ) meskipun melemah tipis dari penutupan pekan lalu, harga komoditas
energi ini masih cukup stabil. 5 ) Ada ekspektasi pasokan minyak dunia,
terutama dari AS akan berkurang.
Disadur dari: Http://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/18/084000
426/harga-minyak-coba-tembus-50-dollar-as-per-barel,
10 Oktober
2017
Kalimat fakta dalam paragraph tersebut terdapat
pada kalimat yang berangka . . . .
|
||||||||||||||||
A.
B.
C.
D.
E.
|
Penanaman tanaman hortikultura pada lahan sempit
Manfaat menanam tumbuhan buah dan sayur di rumah
Alternative berkebun dilahan sempit dengan
hidroponik
Bercocok tanam dengan tanah di pekarangan rumah
Hidroponik tidak merusak tanah dan ramah
lingkungan
|
||||||||||||||||
4.
|
Bacalah
paragraph berikut!
1)
vitamin B12 merupakan vitamin penting yang dapat larut dalam air dan umumnya
ditemukan dalam berbagai makanan seperti ikan, kerang, daging, telur, dan
produk susu. 2) vitamin B12 sering digunakan dalam kombinasi dengan vitamin B
lainnya dalam formulasi vitamin B kompleks. 3) kelelahan merupakan gejala
paling umum pada orang yang mengalami kekurangan vitamin. 4) pada proses
pencernaan vitamin B12 dilepaskan dari protein dengan bantuan asam.5) setelah
dilepaskan, vitamin B12 bergabung dengan Zat tertentu sebelum diserap kedalam
aliran darah.
Disadur dari: http://vivahealth.co.id/article/detail/12203/kekurangan-
vitamin-b12, 19 september 2017
|
||||||||||||||||
A.
|
1) dan 2)
|
D.
|
2) dan 4)
|
||||||||||||||
B.
|
1) dan 3)
|
E.
|
2) dan 5)
|
||||||||||||||
C.
|
2) dan 3 )
|
||||||||||||||||
3.
|
Bacalah
paragraph berikut!
Bercocok tanam hidroponik
merupakan salah satu alternatif teknik berkebun yang dilakukan oleh sebagian
orang yang tidak memiliki lahan cukup luas.
Teknik berkebun yang
tidak menggunakan
|
||||||||||||||||
Kalimat
penjelasan yang tidak padu dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat yang
berangka . . . .
|
Tujuan penulisan dalam paragraph tersebut adalah
. . . .
|
||||||||||||||||
A.
|
1)
|
D.
|
4)
|
A.
|
Menjelaskan perkembangan lagu dewasa akibat
perkembangan teknologi informasi.
|
||||||||||||
B.
|
2)
|
E.
|
5)
|
||||||||||||||
C.
|
3)
|
B.
|
Menginformasikan penyebab anak-anak tidak lagi
menyanyikan lagu anak-anak.
|
||||||||||||||
5.
|
Perhatikan
paragraph berikut!
Udang ronggeng memiliki duri yang keras. Tubuhnya besar dilindungi
kulit keras yang mengandung zat kapur dan mempunyai bentuk tubuh yang
menyerupai belalang sembah. Antenanya berkembang dengan baik terutama antenna
kedua yang panjangnya melebihi panjang badannya. Habitat hidup udang ronggeng
berada diperairan karang, suatu
kawasan laut yang terdapat banyak karang, terumbu karang, batuan granit atau
vulkanis. Udang ronggeng adalah binatang yang aktif pada malam hari untuk
mencari makan. Budidaya spesies ini tergolong mudah dibanding jenis lainnya.
Jika biasanya memulai budi daya udang melalui larva, udang ronggeng tidak
memerlukan larva untuk dibudidayakan. Cukup dari hasil tangkapan udang
dewasa. Udang ronggeng dapat langsung dibudidayakan.
Diadur dari: http://www.pertanianku.com/ternyata-ini-
keistimwwaan-udang-ronggeng/, 19 September 2017
kata ini yang tercetak miring dalam paragraph
tersebut mengacu . . . .
|
||||||||||||||||
C.
|
Mengajak masyarakat untuk mengenalkan kembali
lagu anak-anak kepada generasi muda.
|
||||||||||||||||
D.
|
Menjelaskan bahaya kemajuan dan perkembangan lagu
dewasa bagi anak-anak usia dini.
|
||||||||||||||||
E.
|
Menginformasikan kesibukan orang tua yang membuat
kurangnya waktu bersama anak-anak.
|
||||||||||||||||
7.
|
Bacalah kedua
teks berikut!
Teks I
Pemanasan global adalah proses peningkatan suhu rata-rata di seluruh
permukaan bumi pada bagian atmosfer bagian laut dan daratan bumi. Suhu global
pada permukaan bumi telah meningkat selama seratus tahum terakhir. Banyak
yang menganggap perubahan ini hanya perubahan kecil, tetapi dapat berdampak
besar pada bumi. Kenaikan suhu ini dapat mengubah iklim sehingga terjadi
perubahan pola cuaca yang dapat menimbulkan peningkatan dan perubahan curah
hujan, angin, badai, dan terjadinya bencana alam. Peningkatan suhu permukaan
bumi dihasilkan oleh adanya radiasi sinar matahari menuju atmosfer bumi.
Sebagian sinar ini berubah menjadi energy panas dalam bentuk sinar inframerah
yang diserap oleh udara dan permukaan bumi.
Disadur dari : http://www.kompasiana.com/sintawidianingrum61
1/59aac4c9b84831a4167b952/teks-eksplanasi-
mengenai-pemanasan-global,
19 September 2017
Teks II
Masyarakat pasti udah sering mendengar istilah Global Warming. Nah, untuk mengingatkan aja, apa sih Global Warming itu ? Global Warming atau pemanasan global
adalah kenaikan suhu rata-rata bumi setiap tahunnya. Tau nggak setiap tahunnya diperkirakan suhu bumi naik 1®
C. pemerintah Indonesia dan dunia udah sering bekerja sama dalam menanggulangi
masalah global ini, salah satunya adalah konferensi dunia yang dilaksanakan
di Bali beberapa waktu yang lalu. Para pemimpin dari berbagai Negara sudah
merumuskan beberapa tindakan penting yang akan diterapkan dalam menaggulangi
pemanasan global ini, di antaranya pengurangan pemakaian CFC dan menciptakan
bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.
Disadur dari: http://ikrimmah.wordpress.com/2010/12/24/
Masyarakat-peduli-global-warming-gak-sih/,
19 September 2017
|
||||||||||||||||
A.
|
Udang ronggeng
|
||||||||||||||||
B.
|
belalang sembah
|
||||||||||||||||
C.
|
Terumbu karang
|
||||||||||||||||
D.
|
Udang dewasa
|
||||||||||||||||
E.
|
Larva udang
|
||||||||||||||||
6.
|
Bacalah
paragraph berikut!
Saat ini sudah jarang kita dengar
anak-anak menyanyikan lagu anak. Kenyataan ini sebagai efek dari perkembangan teknologi
informasi, paparan lagu dewasa tidak dapat terhidarkan. Anak-anak dapat
mengakses berbagai suguhan lagu dewasa dari internet. Ditambah kenyataan
bahwa koleksi lagu anak-anak yang pernah diciptakan diindonesia semakin sedikit
yang diputar baik di radio maupun televise. Belum lagi kesibukan sebagai
orang tua membuat kurangnya waktu untuk sekedar bersama-sama menyanyikan lagu
bersama anak-anak dengan materi sesuai dengan usia mereka. Pada umumnya
anak-anak membutuhkan musik karena mereka pendengar yang intensif dan senang
bergerak. Lagu dengan dinamik dan tempo yang tepat akan segera membuat
anak-anak jatuh cinta pada lagu tersebut. Factor inilah yang menyebabkan lagu
dewasa berirama riang akan menarik perhatian anak-anak.
Disadur dari :
19 September 2017
|
||||||||||||||||
Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut
adalah menggunakan bahasa . . . .
|
Simbol penulis hendak beribadah ditunjukkan oleh
larik berangka . . . .
A. 1) D. 4)
B. 2) E. 5)
C. 3)
|
||||||||||||||||||||||
10.
|
Perhatikan kutipan puisi berikut!
1) Tinggal matahari, sementara kau menoleh:
2) isyarat-isyarat buta
3) di batas mimpi dan jaga
4) kau pun tak menyahutnya
5) sebab kata dipermainkan angin kemarau
6) sebab mata berkedip di cahaya silau
Karya : sapardi djokko damono
Dikutip
dari :
matahari”dalam
hujan bulan juni sepilihan sejak
Jakarta, gramedia
pustaka utama 2016
Larik bermajas personifikasi dalam kutipan puisi
tersebut terdapat dalam larik ke- . . . .
A.
2) D. 5)
B.
3) E. 6)
C.
4)
|
||||||||||||||||||||||
8.
|
Perhatikan
paragraph berikut !
Sarapan memiliki manfaat yang penting untuk
aktivitas dalam sehari. Beberapa manfaat mengonsumsi makanan sehat pada pagi
hari adalah dapat meningkatkan konsentrasi dan performa pada aktivitas
sehari-hari; meningkatkan energy dan daya tahan tubuh untuk melakukan
aktivitas sehari-hari; dan menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Beberapa
anak tidak memiliki selera makan pada pagi hari, tetapi sarapan perlu
dikonsumsi. Alasannya, pertumbuhan pada anak-anak membutuhkan nutrisi yang
cukup. Anak-anak yang tidak mendapat sarapan memiliki kecendrungan susah
untuk focus, lebih mudah lelah, dan memiliki emosi yang buruk. Anak yang
tidak mendapat sarapan lebih memiliki keinginan untuk jajan sehingga memiliki
risisko mengalami kegemukan. Jika tidak mendapatkan sarapan, direkomendasikan
anak membawa buah-buahan untuk mencegah anak jajan sembarangan.
Manfaat-sarapa-pagi, 19
september 2017
Tanggapan logis sesuai dengan paragraph tersebut
adalah . . . .
A.
Sarpan penting untuk aktivitas dalam sehari
karena memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.
B.
Sarapan yang baik bagi anak-anak, seperti
nasi, roti gandum, sereal, sayur-sayuran, dan b uah-buahan segar.
C.
Sarapan dapat menyebabkan kegemukan sehingga
dihindari oleh anak-anak dan orang dewasa.
D.
Sarapan pagi bermanfaat bagi anak-anak untuk
mengendalikan kondisi emosi yang buruk.
E.
Sarapan dapat dilakukan di mana saja yang
terpenting perut terisi makanan pada pagi hari.
|
||||||||||||||||||||||
11.
|
Perhatikan
kutipan puisi berikut!
Kabut yang ikat dank abut yang pupur
Lekat dan grimis pada tiang-tiang jembatan
Matahari menggeliat dan kembali gugur
Tak lagi dilangit! Berpusing dipedih lautan
Karya : sapardi djokko damono
Dikutip
dari :
jembatan golden
gate, san fransisco” dalam hujan
bulan juni
sepilihan sajak, Jakarta, gramedia pustaka
utama 2016
makna kata gugur
dalam larik ketiga puisi tersebut adalah . . . .
A.
Mati D. menghilang
B.
tiada E. tenggelam
C.
pergi
|
||||||||||||||||||||||
12.
|
Bacalah
kutipan berikut!
1)
Hari itu jam satu malam. 2) cuaca gulita
Dan murung. 3)
hujan terus turun selembut embun namun cukup membasahkan. 4 ) hati-hati kasim memimpin anak buahnya
menuruni tebing yang tinggi yang curam dan licin. 5) ia sendiri berjalan sangat hati-hati: ia
menggendong seorang bayi pada panggulnya sebelah kiri.
Dikutip
dari : Nugroho Notosusanto,”sungai” dalam
cerita
pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
bukti latar belakang dalam kutipan cerpen
tersebut terdapat pada kalimat berangka . . . .
A.
1)
D. 4)
B.
2) E.
5)
C.
3)
|
||||||||||||||||||||||
9.
|
Perhatikan
kutipan puisi berikut !
Ada sajadah panjang terbentang 1)
Hamba sujud dan tak lepas kening hamba 2)
Mengingat dikau
3)
Sepenuhnya.
4)
Karya : taufiq Ismail
Dikutip
dari :
Http://www.jendelasastra.com/dapur-sastra/dapur-jendela-sastra/lain-lain/puisi-puisi-taufiq-ismail,
06 oktober 2017
|
||||||||||||||||||||||
13.
|
Bacalah
kuripan cerpen berikut!
Kini
sarsan kasim berjalan kembali ke jawa barat. Kali ini jarak yogya-priangan
harus ditempuh berjalan kaki. Tidak ada truk belanda
|
Yang mengangkut. Tidak ada kereta api republic
yang menjemput. Mereka sama sekali berjalan kaki. Menempuh jarak lebih dari
300 kilo. Turun lembah, naik gunung, menyebrangi sungai kecil dan besar.
Akhirnya mereka telah tiba kembali di tepian sungai serayu, akan tetapi jauh
dari hulu.dikaki pegunungan daerah banjarnegara. Kini tiada jembatan, tiada
titian. Mereka harus terjun kedalam air.
Dikutip
dari : Nugroho Notosusanto,”sungai” dalam
cerita
pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
latar sosial dalam kutipan cerpen tersebut adalah
. . . .
A. Kebiasaan
prajurit pada saat terjadi perang besar
B. Keadaan
prajurit pada saat terjadi perang besar
C. Kehidupan
prajurit yang penuh pengorbanan
D. Keadaan
prajurit saat diserang oleh prajurit musuh
E.
Kehidupan prajurit yang penuh dengan tekanan
|
Aku tidak pernah setuju dengan cara-caraorang
kita dahulu, mengekangmu semacam itu. Setidak-tidaknya, untuk mengingatkan
bahwa masih ada seseorang yang memperhatikan cara hidupmu. Untuk mengingatkan
bahwa kita masih punya seorang ayah yang patut kita hormati.
“kau
begitu baik kanda.’
“
semua itu sudah telambat. Kau terdiam karena kenyataan ini semua terlalu pait
bagimu. Hatimu rapuh. Hati ibumu!perasan beliaulah yang kuwarisi sepenuhnya.
Alangkah malang hidupmu itu.”
Aku
tidak menjawab kata-katanya yang keras itu karena kurasa kurang hormat dan
kurang sopan berbantah-bantahan ditempat umum. Dan untuk menghilangkan
perasaan yang menekan itu kupesan lagi minuman kepada nelayan.
Dikutip
dari : Boedihardjo Suryasunarsa.”Orang Asing”
dalam
Cerita pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
Akibat konflik dalam kutipan cerpen tersebut
adalah . . . .
A. Tokoh
aku tidak menjawab perkataan kakaknya yang keras karena mengganggapnya
sebagai perkara yang kurang santun.
B.
Tokoh aku merasa hidupnya selalu terkekang
karena masa kecilnya dimasukkan dalam asuhan biara yang penuh aturan.
C.
Tokoh aku mencoba menghilangkan rasa tertekan
yang disebabkan oleh perkataan kakaknya yang keras dan kasar.
D. Tokoh
aku terdiam mendengar perkataan kakaknya karena kenyataan hidup yang dilalui
sudah terlalu pait.
E.
Tokoh aku mencoba mencari tahu tentang ayahnya
karena merasa sang ayah masih patut untuk dihormati.
|
||||
14.
|
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Tapi
kecemasan yang dialaminya sekarang. Apakah akan berakhir? Tidak! Sahut
hatinya. Laki-laki itu takkan pulang. Ia telah memanjat dan memanjat terus,
lalu mati terjatuh ditengah hutan karena keberaniannya yang luar biasa. Ah,
kasihan si buyung, tak berbapak lagi. Sambil berkata lirih demikian itu
sambil diliriknya anak yang berada disisihnya. Anak itu lelap, tak tahu apa
yang sedang dicemaskan ibunya. “ tidak. Yung, bapakmu mesti pulang!” lagi ia
membantah kecemasannya.”tak hari ini, tentu besok. Waktu takkan berakhir.
Malam dan siang terus berganti, seperti kau dan aku. Kau lahir aku mati. Atau
kau mati tapi ada lagi yang lahir.”
Dikutip
dari : A. D. Donggo.”Tiga kali matahari hilang”
dalam cerita
pendek Indonesia II. Jakarta Gramedia.1986
penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut
adalah. . . .
A. Bapak
tokoh sibuyung pergi meninggalkan tokoh buyunh dengan ibunya
B. Bapak
tokoh sibuyung meniggal karena terjatuh ditengah hutan.
C. Bapak
tokoh sibuyung tidak pernah kembali menemui sibuyung.
D. Bapak
tokoh sibuyung cemas dengan keadaan sibuyung dan ibunya
E. Bapak
tokoh sibuyung merasa khawatir dengan keadaan sibuyung
|
||||
16.
|
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
“wak. Kite namekan ape sampan layo
uwak ni ?” Tanya nizam waktu itu.
“mmm
. . . ape ke yang bagus?”uwak balik bertanya.
“lancang kuneng aje, wak!” sahut melani cepat.
“
betul lah tu! Lancang kuneng!” timpal nizam bersemangat.
Wak
mengangguk setuju. Lalu serentak mereka bernyanyi dengan suara keras.
Lancang kuning. Lancang kuning berlayar
malam.
Berlayar
malam
Kalau ah bertiup, angin selatan, ai
angin selatan angkatlah sauh, angkatlah sauh, berlayar kita
Lancang kuning berlayar malam, ai
berlayar malam
|
||||
15.
|
Bacalah
kutipan cerpen berikut!
“saya
tidak menduga, hati kanda sekeras itu.”
“aku
tahu, tidak dapat memberimu sesuatu atau sedikit mengekang hidupmu yang
sekarang tak karuan ini. Itulah salahnya. Kau dimasukkan dalam asuhan biara
karena mereka menghendaki hari depan dan kehidupan yang saleh bagimu. Mereka
mengekangmu dengan aturan-aturan kosong, sedangkan pikiranmu telah lam
meloncati dinding-dindingnya yang tebal dan angkuh
|
Uwak
hanya tersenyum melihat tingkah mereka yang polo situ. Dilain waktu mereka
diajak berlayar lagi keselat panjang, kampong sebelah yang dipisahkan oleh
sebuah selat kecil.
Dikutip
dari : Novia Syahidah.”lancang kuning berlayar
petang”
dalam aku bisa nulis
fiksi. Yogyakarta,diva press,2016
nilai sosial budaya dalam kutipan cerpen tersebut
adalah . . . .
A.
Mengajarkan anak-anak untuk berani berlayar
B.
Menyanyikan lagu daerah sebelum berlayar
C.
Menanamkan cinta kesenian lewat lagu
D.
Menamai perahu yang baru saja dibeli
E.
Mengajak anak-anak untuk berlayar
|
Menyebutkan dirinya modern . . . “
Dikutip
dari : St. Takdir Alisyahbana. Layar terkembang,
jakarta Balai Pustaka.1989
nilai sosial budaya dalam kutipan novel tersebut
adalah . . . .
A. Bangun
pada saat matahari sudah tinggi
B. Menjaga
adat istiadat yang diwariskan
C. Bangun
pada pagi hari setiap harinya
D. Minum
teh pada saat senja datang
E. Tidur
pada saat sore hari datang
|
||||
19.
|
Perhatikan
kutipan novel berikut!
R. Wiriatmaja menundukkan kepalanya
pula membaca korannya. Perkataan anaknya itu tiada sedikit jua pun janggal
terdengar kepadanya, ia biasa memberikan kebebasan sebagai seorang yang besar
dalam didikan cara lama, tetapi tiada menutup matanya kepada perubahan yang
berlangsung setiap hari dalam pergaulan, kabur-kabur terasa kepadanya, bahwa
telah demikianlah kehendak zaman.
Dikutip
dari : St. TakdirAlisyahbana, Layar Terkembang.
Jakarta
balai pustaka, 1989
hubungan antarunsur intrinsic dalam kutipan novel
tersebut adalah . . . .
A. Latar
sosial memengaruhi tindakan tokoh
B. Latar
waktu memengaruhi pemikiran tokoh
C. Latar
budaya memengaruhi pemikiran tokoh
D. Latar
budaya memengaruhi tindakan tokoh
E.
Latar sosial memengaruhi pemikiran tokoh
|
||||
17.
|
Perhatikan kutipan novel berikut!
Pada suatu malam aku terbangun oleh
kesibukan yang terjadi dirumah, dari ranjang. Tiba-tiba aku mendengar suara
senjata api. Disusul oleh rebut-ribut dijalan kampong. Orang-orang berlarian,
berteriak dari arah tangsi polisi menuju kearah sungai di belang.
Seseorang berbicara dengan ayah di
pendapa.
“harus mengungsi, pak! Seluruh kampong
dikosongkan.”
“ke mana ? kudengar suara ayah.
“ ke mana saja, kebatan lagi kalau mau.”
“baik, kami bersiap-siap.”
Aku turun dari tempat tidur. Diruang
makan maryam sedang menolong ibu mengemasi makanan, dibungkus dan dimasukkan
kedalam sarung bantal.
Dikutip
dari : Nh. Dini. Padang ilalang dibelakang rumah,
jakarta
Gramedia.1987
Penyebab
konflik dalam kutipan novel tersebut adalah . . . .
A.
Terjadi keributan dan terdengar suara senjata
api pada waktu malam hari
B.
Tokoh aku terbangun dari tidur malamnya karena
mendengar suara teriakan
C.
Ada seseorang yang member tahu tokoh ayah
tentang kedatangan musuh
D.
Tokoh ibu kesulitan dalam mengemasi makanan
E.
Tokoh aku beserta keluarga
|
||||
20.
|
Perhatikan
kutipan kedua puisi tersebut!
PUISI
LAMA
Pada zaman dahulu kala
Tersebutlah sebuah cerita
Sebuah negeri yang aman sentosa
Dipimpin sang raja nan bijaksana
PUISI BARU
Aku bertanya
Tetapi pertanyaan-pertanyaanku
Membentur jidad penyair-penyair salon
Yang bersajak tentang anggur dan rembulan
Sementara ketidak adilan terjadi
Disampingnya,
Dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan
Termangu-mangu di kaki dewi kesenian.
Karya : w.s. Rendra
|
||||
18.
|
Perhatikan
kutipan novel berikut!
“saya
juga sebenarnya tiada menyalahkan orang yang sekali-kali bangun tinggi hari.
Tetapi yang sebenarnya mengggusarkan saya melihat orang tinggi hati itu,
ialah oleh karena hal itu menunjukkan suatu yang tidak baik. Bangsa kita yang
bersahaja di desa-desa, yang tidak pernah masuk sekolah boleh dikatakan tidak
pernah bangun tinggi hari, apalagi perawan-perawannya. Bangun tinggi hari,
sore tidur lagi senja-senja minum the dan melancong-lancong mengambil udara,
mereka yang demikian
|
Perbedaan atara kedua puisi tersebut adalah . . . .
|
Mengelola pembelajaran tidak luput dari perhatian
sholeh hidayat dalam buku pengembangan Guru
Profesional ini.
Disadur dari: http://ikrimmah.wordpress.com/2010/12/24/
Masyarakat-peduli-global-warming-gak-sih/,
19 September 2017
Kalimat resensi yang tepat menyatakan keunggulan
isi buku sesuai penjelasan tersebut adalah . . .
A.
Buku Pengembangan
Guru Profesional disajikan dengan bahasa yang komunikatif sehingga
pembaca mudah mengerti materi yang disajikan.
B.
Buku Pengembangan
Guru Profesional menyajikan materi penggunaan metode pembelajaran yang
inovatif dengan begitu komplet.
C.
Buku Pengembangan
Guru Profesional disajikan dengan materi pembelajaran yang menarik
sehingga guru mudah memahami buku ini.
D.
Buku Pengembangan
Guru Profesional berisi beberapa metode pembelajaran inovatif yang akan
menuntun guru menjadi professional
E.
Buku Pengembangan
Guru Profesional menyajikan materi kegiatan PPL yang efektif dan
keterampilan dasar guru dengan mendalam.
|
||||||||||||||||||||||
21.
|
Perhatikan
kutipan kedua puisi berikut!
Puisi I
Omong-omong soal kosong
Bukan berarti omong kosong
Omong soal isi
Belum tentu omongan berisi
Karya : Norman Adi SAtria
Dikutip
dari : Http://marlitadewi.blogspot.co.id
Puisi II
Dalam ribaan bahagia datang
Tersenyum bagai kencana
Mengharum bagai cendana
Dalam bah’gia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mewarna bagaikan sari
Karya : Sanusi Pane
Dikutip
dari : Http://marlitadewi.blogspot.co.id
Perbandingan gaya bahasa kedua kutipan puisi
tersebut adalah . . . .
|
||||||||||||||||||||||
23.
|
Perhatikan paragraph berikut!
Nia memenangkan lomba membaca puisi
tingkat SMA se-kabupaten minahasa. Walaupun berhasil menjadi juara, Nia tetap
[ . . . ]. Dia tetap membumi dan tidak
sombong. Sikapnya itu membuat Nia disukai oleh teman-temannya.
Ungkapan
yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah . . . .
A.
Ringan tangan D. Rendah hati
B.
Ringan mulut E. Rendah diri
C.
Ringan kaki
|
||||||||||||||||||||||
24.
|
Perhatikan
paragraph eksposisi rumpung berikut!
Meskipun Indonesia tercatat sebagai Negara terbesar ketiga yang
memproduksi beras terbanyak di dunia, Indonesia masih tetap perlu mengimpor
beras hamper setiap tahunnya. Situasi ini disebabkan para petani menggunakan
teknik-teknik pertanian yang tidak optimal ditambah dengan komsumsi per
kapita beras yang besar. Konsumsi beras per kapita di Indonesia tercatat
hamper 150 Kilogram (beras, per orang, per tahun) pada tahun 2017. [. . . .]
hanya Myanmar, Vietnam, dan Bangladesh yang memiliki konsumsi beras per
kapita yang lebih tinggi dibanding Indonesia.
komoditas/beras/item/183.9 oktober 2017
|
||||||||||||||||||||||
22.
|
Perhatikan penjelasan
berikut!
Guru
pada era milenial seperti sekarang wajib mempunyai segudang metode
pembelajaran yang inovatif. Penciptaan kreasi pengajaran inovatif sangat
dimungkinkan lahir dari aktivitas praktik pengalaman lapangan (PPL).
Berdasarkan pernyatran tersebut, sholeh hidayat dalam buku ini memasukkan
pembahasan khussus dan mendalam tentang bagaimana menjalankan kegiatan PPL
benar-benar efektif dan tepat guna. Keterampilan dasar guru dalam mengelola
pembelajaran juga sangatlah penting. Keterampilan dasar guru dalam
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi paragraph rumpang tersebut adalah . . .
A.
Meskipun demikian, Indonesia tetap dapat
memenuhi kebutuhan beras dari hasil panen setiap tahunnya
B.
Bahkan, indonesia menenpati peringkat keempat
konsumen beras per kapita terbesar di seluruh dunia.
C.
Bahkan, Indonesia harus terus mengimpor untuk
bisa mencukupi konsumsi beras per kapita penduduknya
D.
Meskipun demikian, impor yang dilakukan
Indonesia dilakukan hanya untuk menjaga tingkat cadangan beras.
E.
Namun, masih ada beberapa Negara yang memiliki
konsumsi beras per kapita lebih tinggi dari pada Indonesia
|
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi cerpen tersebut adalah . . . .
A.
Sesungguhnya aku tidak sengaja
B.
Aku memang menertawakan dia
C.
Kamu memang menertawakan dia
D.
Dia menjadi sangat marah padaku
E.
Aku merasa sangat kasihan padanya
|
||||
27.
|
Perhatikan kutipan novel rumpang berikut!
“delapan tahun lagi kau kaya, Jo!
“apa . . . . “ (ia mendangir terus,
nadanya kendur harapan.)
“berapa buah cengkehmu?”
“delapan batang mana bisa kaya.”
“sekarang delapan. Buahnya per pohon
kira-kira sepuluh ribu biji. Ditanam lagi menjadi delapan puluh ribu batang .
. . .”
“dagelan kuno ! kabar apa dari kota ?”
“saya tidak ke kota.”
“[….]”
“maunya, tetapi ada rombongan tamu
agung. Piker-pikir, ah beli cangkul hari lain bisa.”
Dikutip dari : Y. B. mangunwijaya, burung-burung manyar
Jakarta,
kompas 2014
kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan novel tersebut adalah. . .
A.
Mengapa kamu tidak kekota?
B.
Ah, katanya kamu mau kekota.
C.
Jangan berbohong kepadaku.
D.
Katanya mau berangkat pagi ini.
E.
Lho, katanya mau beli cangkul.
|
||||
25.
|
Perhatikan paragraph
deskripsi berikut!
Wisatawan yang
gemar menyelam dapat menikmati keindahan dunia bawah laut pantai carita.
Dengan berperahu selama dua jam , wisatawan akan sampai kelokasi taman laut
yang dahulunya berupa pulau tenggelam. Di lokasi ini wisatawan bisa melihat
beraneka ragam ikan dan biota laut lainnya. [. . ..] berjalan atau berenang
ditengah geronbolan ikan nerupakan pengalaman yang luar biasa.
pariwara,2009
kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraph rumpang
tersebut adalah . . .
A. Tampak
ikan-ikan beraneka warna berkejar-kejaran didekat karang
B. Banyaknya
ikan di pulau carita memanjakan wisatawan yang gemar memancing
C. Bongkahan
terumbu karang di kawasan ini menyajikan pemandangan yang menarik
D. Menyelah
di perairan pulau carita menyuguhkan pengalaman yang menarik
E. Wisatawan
akan tertantang dengan adanya ombak yang bergulung
|
||||
28.
|
Perhatikan kutipan drama berikut!
Dikutip dari : pramoedya ananta toer, drama mangir, Jakarta,
Kepustakaan
popular gramedia, 2015
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi dialog drama tersebut adalah . . .
A.
Tak bakal jadi raja!
B.
Aku tak habis piker!
C.
Apa yang tuan katakan!
D.
Ada apa dengan wanabaya!
E.
Jangan berpikiran seperti itu.
|
||||
26.
|
Perhatikan kutipan cerpen rumpang berikut!
“Dengarlah. Sekarang aku ingin menjawab
pertanyaanmu. Sebab, setelah aku piker, siapa tahu perjumpaan kita kali ini
adalah yang terakhir. Siapa tahu aku hamper mati ? kamu tadi tanya apa ? apa
betul aku menertawakan pak barja sehingga dia marah dan memukuli aku?”
“ya, Kang”
“Nah, betul. [. . . .]” dan sardupi
terkekeh.
“mengapa? Apa ada yang lucu atau ganjil
pada diri hansip pasar itu? Bukankah dia tampangnya serem?”
Sardupi tersenyum.
Dikutip dari : Ahmad tohati,”pemandangan perut” dalam mata
yang enak
dipandang, Jakarta.gramedia pustaka
utama, 2015
|
29.
|
Bacalah pantun berikut!
Pag-pagi mencari ikan.
[. . . .}
Ilmu padi hendak terapkan.
Semakin menunduk semakin
berisi.
Sampiran yang tepat untuk
melengkapi pantun tersebut adalah . . .
A.
Ikan-ikan berenang kesungai berantas.
B.
Ikan-ikan berenang ke sungai musi.
C.
Ikan-ikan berenang sedari pagi.
D.
Ikan berenang kesana kemari.
E.
Ikan berenang selalu ketepi.
|
B.
Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti
lazimnya yang kita pahami di sekolah, yaitu kemampuan membaca, menulis, dan
berpikir kritsi sesuai metode dan praktik informal.
C.
Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti
lezimnya yang kita pahami disekolah, yaitu kemampuan membaca, menulis,
berpikir kritis sesuai metode, dan praktik formal.
D.
Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti
lazimnya yang kita pahami di sekolah, yaitu kemampuan kognitif dan
metakognitif yang diajarkan dalam proses pembelajaran.
E.
Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti
lazimnya yang kita pahami disekolah, yaitu kemampuan menganalisi masalah
berdasarkan langkah-langkah yang sistematis.
|
|||
30.
|
Bacalah penggalan puisi berikut!
Akulah si [….]: berlayarlah di
atasnya;
Berlayarlah menyibakkan
riak-riak kecil yang
Menggerakkan.
Bunga-bunga padma;
Berlayarlah sambil memandang
harumnya cahaya.
Sesampai disebrang sana,
tinggalkan begitu saja
---perahumu biar aku yang
menjaganya
Karya : sapardi djoko
darmono
matahari”
dalam hujan bulan juni sepilihan sajak,
Jakarta, Gramedia Pustaka Utama,2016
Kata kias yang tepat untuk
melengkapi puisi tersebut adalah . . . .
A.
Sungai D. Angkasa
B.
Pelangi E. dermaga
C.
Telaga
|
||||
32.
|
Bacalah petunjuk ruumpang berikut!
Cara Membuat Topeng
Berbahan Dasar Kayu
1)
Pertama-tama, potonglah kayu dengan ukuran
yang sesuai
2)
Belahlah kayu menjadi dua bagian menggunakan
kampak
3)
Setelah dirasa pas, buatlah pola dasar pada
kayumenggunakan pensil. Pola dasar dalam pembuatan topeng adalah
mulut,hidung,mata dan beberapa tambahan lainnya
4)
[. . . .]
5)
Setelah dipahat sesuai dengan bentuk yang
diinginkan, haluskan topeng menggunakan pahat.
6)
Setelah permukaan topeng benar-benar halus,
olesi permukaan topeng dengan cat pelitur untuk menututupi pori-pori kayu
sehingga proses pewarnaan lebih merata.
7)
Berilah warna pada topeng sesuai dengan
karakter topeng menggunakan cat warna
8)
Terakhir, keringkan topeng yang sudah diberi
warna
Dikutip
dari : Http://carajuki.com/cara-membuat-topeng-dari-
Berbagai-macam-bahan/diunduh 10 oktober 2917
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi petunjuk rumpang tersebut adalah . . . .
A.
Pahatlah pola yang sudah dibuat dengan alat
pahat
B.
Potonglah kayu sesuai pola dasar yang sudah
dibuat
C.
Gunakan gergaji untuk memotong sisi kayu agar
rapi.
D.
Tebalkan pola topeng yang telah dibuat dengan
pensil.
E.
Buatlah pola topeng yang lebih terperinci pada
potongan kayu.
|
||||
31.
|
Perhatkan paragraph resensi rumpang berikut!
Suara dari marjin
adalah peleburan hasil dari dua penelitian yang pernah dijalankan oleh kedua
penulisnya secara terpisah. Sofie
dewayani melakukan penelitian atas praktik literasi pada kalangan anak-anak
yang bekerja dijalan untuk keperluan disertasi S3-nya di University of
Illionis at urbana-champaign. Sementara itu, pratiwi retnaningdyah meneliti
praktik literasi pada kalangan buruh migran Indonesia ( BMI ), khususnya yang
bekerja atau pernah bekerja di hong kong. Dalam buku ini, keduanya menegaskan
banyak argument yang disuarakan para
teoritikus kajian literasi baru atau new literacy studies ( NLS). [. . . .]
lebih dari itu, literasi bisa terjadi melalui praktik informal, yang
berlandaskan praktik keseharian dan memiliki tujuan akhir yang lebih relevan
dengan keseharian pelakunya.
Dikutip dari : http://basabasi.co/literasi-yang-membumi-
gagasan
-yang-meyadarkan/, 10
oktober 2017
kalimat yang tepat untuk
melengkapi resensi buku tersebut adalah . . . .
A.
Menurut NLS, literasi bukan hanya seperti
lazimnya yang kita pahami disekolah, yaitu kemampuan memecahkan suatu masalah
dengan mengambil teori-teori yang sudah ada.
|
||||
33.
|
Perhatikan kalimat berikut!
Lusa Diana pulang dari
semarang.
Kalimat berikut yang berpola
sama denga kalimat tersebut adalah . . . .
A.
Dirga pergi kesurabaya kemaren sore
B.
Kemaren malam andi menjenguk bra
C.
Cintya membeli buku tadi siang
D.
Tadi pagi rina berangkat ke sekolah
E.
Lusa andi mengajak ibu ke semarang
|
36.
|
Perhatikan paragraph berikut!
1) daun
dapat dibuat jus. 2) jus daun papaya
mengandung lebih dari 50 bahan aktiv. 3)
salah satu kandungan dalam jus daun papaya adalah senyawa karpain. 4) senyawa karpain mempunyai banyak manfaat.
5) senyawa karpain dapat menghambat
pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, serta parasit.
Disadur dari : http://manfaat.co.id/manfat-daun-pepaya,
9 oktober 2017
Kesalahan penggunaan kata dalam
paragraph tersebut terdapat pada kalimat berangkat . . . .
A.
1)
D. 4)
B.
2) E. 5)
C.
3)
|
||
34.
|
Perhatikan kalimat-kalimat acak berikut!
1)
Guntinglah botol plastic pada bagian tengah
2)
Gunting sisa kain flannel yang tidak menempel
pada bagian luar botol
3)
Tempelkan kain flannel pada bagian luar botol
yang sudah diberi lem
4)
Berilah lem pada bagian luar botol yang sudah
digunting
5)
Jika potongan kain flannel telah tertutup,
lipatlah kain flannel dengan kain lain yang berbeda warna
6)
Tempat pensil dari botol bekas dan kain flannel
pun siap dugunakan.
Dikutip
dari : Http://luthinurazizah.blogspot.co.id/2013/05/
Petunjuk-membuat-tempat-pensil-dari.html
10 oktober 2017
Urutan yang tepat kalimat-kalimat tersebut agar
menjadi teks prosedur adalah . . . .
A.
1)-4)-2)-3)-5)-6)-7)
B.
1)-4)-2)-3)-6)-5)-7)
C.
1)-4)-3)-2)-5)-6)-7)
D.
1)-4)-3)-2)-6)-5)-7)
E.
1)-4)-3)-5)-2)-5)-7)
|
||||
37.
|
Perhatikan paragraph berikut!
1)
satai lilit merupakan salah satu makanan khas bali yang mempunyai cita
rasa enak dan gurih. 2) jika satai
pada umumnya dagingnya ditusuk, satai lilit justru dibuat dengan cara
dililit. 3) unutk membuat satai lilit,
daging dicincang halus terlebih dahulu, lalu diramu dengan bumbu bali.
4) oleh karena itu, daging tersebut
dililitkan pada batang daun serai. 5)
batang daun serai akan membuat aroma satai lebih wangi dan menggoda.
Disadur dari : http://liburanbali.net/makanan-khas-bali/
9 oktober 2017
Kesalahan penggunaan konjungsi
dalam paragraph tersebut ditunjukkan oleh kalimat berangka . . . .
A.
1) D. 4)
B.
2) E. 5)
C.
3)
|
||||
35.
|
Perhatikan paragraph
rumpang berikut!
Rumput
laut menjadi komoditas yang akan diunggulkan dalam kegiatan perikanan budi
daya berbasis ekonomi biru ( Blue
Economy ). Kajian kegiatan yang akan dipusatkan di Lombok, nusa tenggara
barat, itu telah disampaikan ke organisasi pangan dunia ( FAO ). Dirjen
perikanan budidaya kementrian kelautan dan perikanan, slamet soebjakto,
mengatakan masyarakat Lombok tidak hanya mengekspor rumput laut dalam bentuk
mentah, [. . .] memanfaatkannya untuk kebutuhan industry dalam negeri.
Limbahnya pun digunakan untuk pupuk, pakan ikan, [. . .] pakan ternak.
Dikutip
dari : Http://industri.bisnis.com/read/20170918/99/
690895/rumput-laut-komoditas-andalan-ekonomi-
Biru, 10 oktober 2017
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraph
tersebut adalah . . . .
A.
Tetapi juga, dan
B.
Tetapi juga, atau
C.
Melainkan juga, serta
D.
Melainkan juga, atau
E.
Melainkan juga, dan
|
||||
38.
|
Perhatikan pargraf berikut!
1)
pantai senggigi mempunyai air laut yang jernih dan bersih. 2) keadaan air laut di pantai senggigi itu
sering digunakan untuk olahraga air. 3)
banyak wisatawan yang datang menikmati keindahan pantai senggigi.
4) salah satu olahraga air yang sering
dilakukan dipantai senggigi adalah berselancar. 5) selain berselancar, olahraga yang dapat
dilakukan di pantai senggigi adalah berenang dan snorkeling.
Disadur dari : http://wisatalombokaja.blogspot.co.id/2014/08
Wisata-pantai-senggigi-lombok-barat.html
9 oktober
2017
Kaklimat tidak padu dalam paragraph tersebut adalah kalimat berangka .
. . .
A.
1) D. 4)
B.
2) E. 5)
C.
3)
|
39.
|
Perhatikan paragraph rumpang berikut!
Jelang idul adha. Pengurus masjid di
kota malang mengikuti pelatihan menjadi juru sembelih hewan halal (juleha).
Sebanyak seratus orang perwakilan dari dan [. . .] penyembelihan di rumah
penyembelihan hewan ( RPH ). Kegiatan ini diadakan tiap tahunnya.
Disadur dari : www.malanglines.com/tag/juru-sembelih-halal
9 oktober 2017
Kata baku yang tepat untuk
melengkapi paragraph tersebut adalah. . .
.
A.
Masjid, musola, praktek
B.
Mesjid, musala, praktik
C.
Masjid, musala, praktik
D.
Masjid, mushala, praktik
E.
Mesjid, musola, praktek
|
Kata serapan yang tepat untuk
melengkapi paragraf rumapng tersebut adalah . . . .
A.
Shalat, muadzin, adzan
B.
Shalat, muazin, azan
C.
Salat, muazin, azan
D.
Salat,
muazin, adzan
E.
Salat, muadzin, azan
|
||||
43.
|
Bacalah paragraf berikut!
Sekarang banyak anak-anak putus sekolah. Mereka putus sekolah karena alas
an ekonomi. Mereka tidak punya biaya untuk tetap bersekolah.
Alasan kesalahan penggunaan
kata yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah . . .
A.
Tidak sesuai dengan kamus besar bahasa
Indonesia
B.
Membuat kalimat menjadi ambigu
C.
Membuat kalimat menjadi tidak efektif
D.
Membuat kalimat menjadi logis
E.
Tidak menempati fungsi kalimat yang tepat
|
|||||
40.
|
Perhatikan paragraph rumpang berikut!
Andi dikenal sebagai anak yang [. . . ]
di kelasnya. Setiap kenaikna kelas, andi selalu mendapatkan peringkat
pertama. Setiap hari andi selalu belajar. Dia belajar [. . .] dibandingkan
teman-temannya. Walaupun pintar,andi [. . . ] dia tidak pernah sombong.
Frasa yang tepat untuk
melengkapi paragraph rumpang tersebut adalah . . . .
A.
Paling pintar, lebih giat, sangat rendah hati
B.
Paling pintar, lebih giat, paling rendah hati
C.
Lebih pintar, sangat giat, sangat rendah hati
D.
Paling pintar, paling giat, sangat rendah hati
E.
Sangat pintar, sangat giat, sangat rendah hati
|
|||||
44.
|
Perhatikan judul karangan ilmiah berikut!
1)
“Analisis Penggunaan Kalimat Imperative
Dalam Novel Room Rahadi Karya Y. B. Mangun Wijaya.
2)
“Kajian Intertekstual Novel Tenggelamnya
Kapal Van Der Wijk Dengan Novel Dalam Mihrab Cinta”
3)
“Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam
Upaya Meningkatkankemampuan Menulis Cerpen”
4)
“Analisis Ahli Kode Dan Campur Kode Dalam
Percakapan Siswa Sman 1 Karanganom”
5)
“Kritik Sosial Dalam Kumpulan Cerpen Acuh
Tak Acuh Karya Korrie Layun Rampan”
Kesalahan penulisan judul
karangan ilmiah terdapat pada judul berangka . . .
A.
1) D. 4)
B.
2) E. 5)
C.
3)
|
|||||
41.
|
Perhatikan paragraph rumpang berikut!
Adiwiyata adalah salah satu program
kementerian lingkungan hidup dalam rangka [. . . . ] terciptanya pengetahuan
dan kesadaran warga sekolah untuk melestarikan lingkungan hidup. Dalam
program ini [ . . . ] setiap warga sekolah dapat ikut [. . .] dalam kegiatan
sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang
negative.
Dikutip dari : http://soviadeviani.weebly.com/,
9 oktober 2017
Kata berimbuhan yang tepat
untuk melengkapi paragraph rumpang tersebut adalah . . . .
A.
Didorong, mengharapkan, dilibatkan
B.
Mendorong, mengharapkan, terlibat
C.
Didorong, diharapkan , terlibat
D.
Mendorong, diharapkan, terlibat
E.
Didorong, mengharap, terlibat
|
|||||
45.
|
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)
Andi sutopo, M.Pd. merupakan ayah dari Nugroho
2)
Prof. SUlaiman menjadi rector di kampusku
3)
K.H. Abdullah mengisi pengajian kemarin sore
4)
Andi Nurahman, S.Pd mengajarkan mata pelajaran
bahasa Indonesia
5)
H. Badrudin memulai usahanya pada tahun 2001
Kesalah penulisan nama gelar
terdapat pada kalimat berangka . . .
A.
1) D. 4)
B.
2) E. 5)
C.
3)
|
|||||
42.
|
Perhatikan paragraph rumpang berikut !
Badarudin anak yang rajin mengaji, ia
tidak pernah meninggalkan [. . .] lima waktu. Bahkan, dia sering menjadi [. .
.] yang mengumandangkan [. . .].
|
|||||
46.
|
Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1)
Andi anak yang pintar, sedangkan rani anak
yang rajin
2)
Ayah membaca buku, ibu memasak;andi menyapu
3)
Ibu kepasar membeli, apel, jeruk, dan papaya
4)
Ayah membawa peralatan tulis-bolpoin, pensil,
dan penghapus.
5)
Kita memerlukan meja, kursi, dan lemari
6)
Nanda mendapat juara ke-3 di kelasnya
Kesalahan penggunaan tanda baca
terdapat pada kalimat angka . . . .
A.
1) dan 2) D. 4) dan 5)
B.
2) dan
3 E. 5) dan 6)
C.
3) dan
4)
|
Kata ulang berimbuhan yang
tepat untk melengkapi paragraf tersebut adalah . . .. .
A.
Berbondong-bondong,berduyun-duyun
B.
Berduyun-duyun, berbondong-bondong
C.
Berdesak-desakan, berbondong-bondong
D.
Berbondong-bondong, berdesak-desak
E.
Berdesak-desakan, berduyun-duyun
|
||||
49.
|
Perhatikan kalimat rumpang berikut!
Andi membeli perlengkapan mandi [ . . .]
handuk [. . .] sabun [. . .]dan sampo[. . .]
Tanda baca yang tepat untuk
melengkapi kalimat tersebut adalah . . .
A.
Tanda titik dua (:), tanda koma(,), tanda
koma(,), dan tanda titik (.)
B.
Tanda koma (,),Tanda koma (,),Tanda koma (,),
dan tanda titik (.)
C.
Tanda pisah (--), tanda koma (,),Tanda koma
(,), dan titik (.)
D.
Tanda hubung (-),Tanda koma (,),Tanda koma
(,), dan tanda titik (.)
E.
Tanda titik koma(;),Tanda koma (,),Tanda koma
(,), dan titik (.)
|
|||||
47.
|
Kesalahan penggunaan tanda baca
terdapat pada kalimat angka . . . .
A.
Acara pameran lukisan di gedung kriya mandiri
berlangsung dari tanggal 12-16 juli 2017
B.
Presiden Indonesia-joko-widodo-memim-pin rapat
cabinet di istana Negara, Jakarta
C.
Perjalanan Yogyakarta-solo ditempuh andi
selama dua jam perjalanan
D.
Rina mendapat peringkat ke-3 dalam lomba
membaca puisi se-kabupaten sleman
E.
Lokasi bandara soekarno-hatta terdapat di
provinsi banten
|
|||||
50.
|
Perhatikan kalimat berikut!
Andi sejak membaca kumpulan
sajak hujan bulan juni karya saparfi karyo damobo.
Perbaikan ejaan yang tepat pada
kalimat tersebut adalah . . . .
A.
Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan
juni karya sapardo djoko damono
B.
Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan
juni karya sapardo djoko damono
C.
Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan
juni karya sapardo djoko damono
D.
Andi sedang membaca kumpulan sajak hujan bulan
juni karya sapardo djoko damono
E.
Andi sedang membaca kumpulan sajak hjan bulan
huni karya sapardo djoko damono
|
|||||
48.
|
Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Tidak ada kata libur untuk beribadah.
Usai pertandingan persib bandung melawan bali united, supporter persib [ . .
.] menunaikan ibadah salat magrib. Mereka menunaikan salat di masjid bergerak
atau yang diebut mobile masjid yang
tersedia disalah satu sudut stadion si jalak harupat. Agar tidak [. . .],
mereka bergantian melaksanakan salat magrib. Tindakan tersebut dilakukan
mengingat kapasitas tempat yang terbatas.
Disadur dari : http://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesai/
d-3653092/mobile-masjid-untuk-bobotoh-nonton-
sepakbola-jalan-ibadah-tak-ketinggalan, 10 oktober
2017
|
J
J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar